Wajib Pajak PPh 21
Pendidikan

Wajib Pajak PPh 21

Wajib Pajak PPh 21

Wajib Pajak PPh 21

Pemungutan pajak atas penghasilan sehubungan

pekerjaan dan penyetorannya ke kas negara wajib dilakukan oleh:

  1. a)Pemberi kerja yang membayar gaji, upah dan honorarium dengan nama apapun sebagai imbalan atas pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai atau orang lain yang dilakukan di Indonesia.
  2. b)Bendaharawan pemerintah yang membayar gaji, upah, honorarium, tunjangan etap dan pembayaran lain denan nama apapun atau jabatan yang dibebankan kepada keuangan negara.
  3. c)Badan dana pensiun yang membayarkan uang pensiun.
  4. d)Perusahaan dan badan-badan yang membayar honorarium atau pembayaran lain sebagai imbalan jasa yang dilakukan di Indonesia oleh tenaga ahli dan atau persekutuan tenaga ahli wajib pajak dalam negeri yang melakukan pekerjaan bebas.
  5. Bagian penghasilan yang dipotong pajak untuk setiap masa pajak adalah bagian penghasilan yang melebihi seperdua belas dari penghasilan tidak kena pajak.
  6. Pada saat seseorang mulai bekerja atau mulai pensiun, untuk mendapat pengurangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 7, ia harus menyerahkan surat pernyataan kepada pemberi kerja, bendaharawan pemerintah atau dana pensiun yang menyatakan jumlah tanggungan keluarganya.
  7. Pernyataan bagaimana dimaksud dalam ayat 3 akan digunakan oleh pemberi kerja, bendaharawan pemerintah atau badan dana pensiun, untuk menetapkan besarnya penghasilan kena pajak, kecuali apabila wajib pajak yang bersangkutan memasukkan surat pernyataan baru tentang adanya perubahan.
  8. Tarif pemotongan pajak atas gaji, upah dan honorarium adalah sama dengan tarif penghasilan kena pajak sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 9.
  9. Jumlah pajak yang dipotong atau bagian upah setiap masa pajak akan dimuat dalam buku petunjuk yang dikeluarkan oleh jenderal pajak.
  10. Setiap orang tidak mempunyai penghasilan lain kecuali penghasilan sehubungan dengan pekerjaan yang secara benar dan tepat telah dipotong pajaknya.
  11. Setiap orang yang mempunyai penghasilan lain diluar penghasilan sehubungan dengan pekerjaan dan setiap orang yang memperoleh penghasilan sehubungan dengan pekerjaan lebih dari satu pemberi kerja diharuskan menyampaikan surat pemberitahuan tahunan.

Sumber: https://multiply.co.id/call-recorder-pro-apk/